Ketersediaan Beras di Kabupaten Biak Numfor Pengaruhi Harga

Biak, 6/3 (Antara) – Ketersediaan beras di pasar Kabupaten Biak Numfor, Papua memengaruhi kestabilan harga bahan pokok itu di daerah setempat hingga pekan pertama Maret 2018, kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Biak Yubelius Usior.

“Stok beras sesuai hasil monitoring di pasar masih melimpah sehingga tidak memengaruhi harga jual di pasaran, ya jikapun ada peningkatan harga masih dalam batas kewajaran,” kata dia di Biak, Selasa.

Ia mengatakan harga beras di pasaran setempat sejak pergantian tahun hingga setelah perayaan tahun baru Imlek 2569, senantiasa normal.

Ia menyebut dari hasil pemantauan di pasar, harga jual beras berkisar Rp10.500 hingga Rp11.000 per kilogram untuk jenis medium serta Rp13.600 hingga Rp14.000/kg untuk jenis premium..

Yubelius Usior mengakui permintaan beras dengan jenis medium dan premium setiap hari normal atau tidak terlihat lonjakan.

Ketersediaan beragam jenis beras di Biak, lanjut dia, akan mendukung kestabilan harga jual di pasar hingga saat ini.

Yubelius Usior menjamin stok beras di Kabupaten Biak Numfor dapat terpenuhi hingga tiga bulan ke depan.

“Secara umum ketersediaan kebutuhan beragam bahan pokok Biak sejak awal Desember hingga saat ini masih sangat terpenuhi aman pascalibur Natal dan Tahun Baru,” kata dia.

Ia mengatakan meski Kabupaten Biak Numfor bukan sebagai daerah penghasil barang kebutuhan pokok, semua stok berbagai barang rumah tangga tetap terjaga dengan aman Beragam jenis kebutuhan pokok yang terus dijaga pemerintah, seperti beras, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, telur ayam, daging ayam, bawang merah, bawang putih, dan cabai.

Untuk jenis beras, lanjutnya, pemerintah telah menetapkan harga eceran tertinggi. Harga eceran tertinggi beras medium Rp10.250 per kilogram serta premium Rp13.600 per kilogram..

Berdasarkan data yang diperoleh Antara hingga Selasa, harga beragam kebutuhan pokok di Biak masih relatif stabil, seperti minyak goreng Rp17.000 per liter, tepung terigu Rp10.000/kg, daging ayam Rp35.000/kg, serta telur ayam Rp58.000/rak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s