DPA Papua Barat 2018 Rp 7,9 Triliun

Manokwari, 26/2 (Antara) – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran tahun 2018 dengan nilai total sebesar Rp. 7,9 triliun.

Pada kegiatan yang dilaksanakan di Manokwari, Senin, gubernur mengatakan, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) ini mencakup delapan urusan wajib pelayanan dasar, 13 urusan wajib bukan pelayanan dasar, enam urusan pilihan, 24 urusan pemerintah fungsi penunjang sesuai prioritas pembangunan daerah dan disinkronkan dengan kebijakan nasional.

Beliau mengutarakan, DPA ini dibagikan kepada 48 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Selain membiayai program dan kegiatan OPD, di dalamnya termasuk dana transfer kepada kabupaten dan kota.

“Saya memerlukan keseriusan dan Komitmen setiap pimpinan OPD. Kita semua butuh itu untuk membangun Papua Barat,” kata gubernur saat ditemui usai kegiatan tersebut.

Mandacan menginginkan, kinerja seluruh OPD meningkat tahun ini. Masyarakat harus menikmati pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten. Gubernur pun menginginkan, pemerintah kabupaten dan kota bersinergi dengan provinsi. Selain berlangsung merata, diharapkan tidak ada tumpang tindih program serta anggaran.

Menyusul penyerahan DPA, dia mengimbau seluruh OPD bergegas menyusun langkah teknis menyangkut realisasi DPA ini. Efektivitas dan akuntabilitas pengelolaan anggaran harus menjadi perhatian serius.

“Pengelolaan anggaran oleh setiap OPD harus benar, harus tepat waktu dan taat asas. Jangan main-main dengan anggaran,” ujarnya.

Ia menekankan, pengelolaan anggaran tahun 2018 harus lebih baik dari sebelumnya. Daya serap harus optimal dan seluruh target pembangunan terwujud.

“Semua OPD harus paham makna akhir dari setiap kegiatan. Yang kita harapkan adalah ‘output’ dan ‘out come’, karena itu cerminan dari efektivitas setiap kegiatan,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s