Alokasi Kursi DPRD Kabupaten Keerom Pemilu 2019 Tak Berubah

Jayapura, 24/1 (Antara) – Daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi DPRD Kabupaten Keerom untuk Pemilu 2019 masih sama seperti Pemilu 2014, yakni tiga dapil dan 20 kursi.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Keerom Bonefasius Bao mengatakan dapil dan alokasi kursi tersebut sudah melewati berbagai pentahapan mulai dari uji konsultasi publik, berkoordinasi dengan pemerintah setempat soal kependudukan dan kewilayahan, serta koordinasi soal usulan pemetaan dapil dan kursi.

“Jadi dari berbagai perkembangan yang KPU Keerom lakukan dengan menyusun dapil 2019, sama dengan dapil pada pemilu 2014, yakni sebanyak tiga dapil,” katanya di sela-sela bimtek penetapan dapil dan alokasi kursi anggota DPRD kabupaten/kota dalam pemilu 2019 yang digelar oleh KPU Provinsi Papua di Kota Jayapura, Rabu.

Ia menyebut ketiga dapil itu yakni, dapil Keerom 1 meliputi Distrik Skamto, dapil Keerom 2 meliputi Distrik Arso dan Distrik Arso Barat, serta dapil Keerom 3 meliputi delapan distrik.

“Yakni Distrik Arso Timur, Manem, Waris, Fafi, Senggi, Web dan Kesener dan Distrik Towe Hitam,” katanya.

Sementara alokasi kursi, untuk Distrik Skamto setelah dilakukan dengan formulasi dan bilangan pembagi mendapat jatah lima kursi plus kelebihan penduduk pada peringkat satu, jika dibandingkan dengan dapil Keerom 2 dan Keerom 3.

“Sehingga dapil Keerom 1 mendapat jatah enam kursi, dapil Keerom 2 dapat delapan kursi dan dapil Keerom 3 dapat enam kursi, ini juga melalui formulasi dan bilangan pembagi. Sehingga total semuanya 20 kursi, sesuai dengan jumlag penduduk dibawah 100 ribu jiwa,” katanya.

Namun, kata Bonefasius, untuk usulan alokasi kursi pada dapil Keerom 1 akan dilakukan uji publik setelah mengikuti bimbingan teknis di KPU Papua.

“Apakah kemudian publik atau pemangku kepentingan sepakat dengan yang diusulakn oleh KPU atau tidak? Apabila sepakat, maka dari sisi prinsip proporsionalitas akan terpenuhi yakni dengan formula dapil 1 sebanyak enam kursi, dapil 2 sebanyak delapan kursi dan dapil 3 sebanyak enam kursi,” katanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s