Anak Kampung Ayobaibur dengan Semangat Belajar Mengagumkan

Jayapura, (20/11/2017) – Komunitas Rumah Belajar Wamena menyalurkan bantuan buku dan juga alat belajar ke kelompok belajar yang ada di kampung Ayobaibur Distrik Ibele. Ketika mendatangi distrik tersebut, terlihat minat belajar dan ingin meraih mimpi untuk masa depan anak-anak Papua.

“Kita melihat minat belajar mereka sangat tinggi dan juga semangat mereka pantang menyerah dalam mendapatkan ilmu pengetahuan. Bagaimana tidak, mereka hanya beralaskan rumput, berdinding anyaman rotan, serta gurunya hanya pemuda, mereka tetap belajar setiap hari,” ungkap Anggi Mustika, Humas Rumah Belajar Wamena, saat menyalurkan bantuan peralatan belajar di Kampung Ayobaibur Distrik Ibele, Senin (20/11).

Anggi menambahkan bantuan yang diberikan kepada anak-anak di Kampung Ayobaibur adalah berupa buku, pensil, pulpen, alat peraga dan juga buku formal, karena menurutnya dari hasil laporan perwakilan kelompok belajar di kampung tersebut hanya ingin memiliki alat belajar yang selama tak mereka miliki.

Sumbangan Saudara dari Sabang-Merauke
“Bantuan ini diberikan oleh kakak-kakak seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang kita galang melalui sosial media. Di sini kami tidak menyalahkan siapapun, kami malah melihat semangat pantang menyerah mereka dalam meraih mimpi. Mereka adalah calon pemimpin daerah Papua di masa depan sehingga kami mengajak untuk bersama-sama melakukan hal kecil untuk perubahan pendidikan di tempat kita masing-masing,” jelasnya panjang lebar.

Sementara Amos Mosip selaku perwakilan kelompok belajar di Kampung Ayobaibur Distrik Merauke mengatakan bahwa mereka membentuk kelompok belajar karena anak-anak asli Papua di kampung tersebut semangat belajarnya sangat tinggi. Namun, untuk menuju sekolah harus berjalan dua jam hingga terkadang mereka tidak belajar.

“Kami selama ini belajar ala kadarnya dan tanpa digaji. Tidak ada buku, tidak ada pulpen namun setelah bekerja sama dengan Rumah Belajar Wamena, mereka mau melakukan penggalangan dan akhirnya hari ini kami bisa memiliki alat belajar dan juga lainnya,” katanya.

Ia juga mengharapkan kepada anak-anak yang ada di pedalaman lainnya untuk tidak putus semangat untuk meraih masa depan dan merubah hidup. Karena menurutnya setiap pemuda dan anak-anak Papua tidak boleh menyerah dengan keadaan.

“Kami ucapkan terima kasih kepada rumah belajar Wamena dan kami harap kerja sama terus terjalin dan kami juga mengajak para pemuda lainnya untuk dapat melakukan hal-hal kecil demi perbaikan pendidikan kita,” pungkas Amos. (tri)

Anak Kampung Ayobaibur 2Rumah Belajar Wamena; Anak-anak rumah belajar Wamena ketika menyalurkan bantuan buku dan juga peralatan belajar ke kelompok belajar di kampung Ayobaibur distrik Ibele Kabupaten Jayawijaya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s