Bangga Berkarir di Perkebunan Sawit

Menapaki karir di perusahaan besar sebenarnya bukan cerita baru bagi pemuda kelahiran Medan ini. Sebagai salah satu lulusan terbaik di jurusan Teknik Pertanian di Institut Pertanian Bogor, Rico telah banyak memiliki pengalamannya dalam bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan terbesar yang ada di Indonesia.

Diawal karirnya sebagai Asisten Lapangan di salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit ternama di Indonesia, kini karir Rico terus menanjak seiring keputusannya untuk bergabung bersama PT. Nabire Baru. Kini ia telah menduduki posisi sebagai Askep di perusahaan tersebut, dan tentu hal itu menjadi kebanggan bagi dirinya dan kedua orangtuanya.

Bekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit mungkin tidak terpikirkan Rico sejak masa kecilnya dulu. Maklum saja, kedua orang tua Rico hanyalah buruh pabrik di kampung halamannya yang ada di kota Medan. Namun, nasib mengantarkan pemuda kelahiran 1986 ini menjadi Asisten Kepala (Askep) hingga saat ini.

Meski penuh tantangan dimasa mengenyam pendidikannya dulu, Rico mengaku bersyukur bisa sukses hingga saat ini. Sejak SMA Rico sudah mandiri dengan membiayai sendiri kebutuhan sekolah dan kebutuhan sehari-harinya dengan berjualan kue dan bekerja serabutan di luang waktunya setelah pulang sekolah. Kondisi inilah yang membuatnya terus bersemangat untuk mengejar cita-citanya.

Dibangku perkuliahan di IPB, Rico mendapatkan beasiswa sehingga sedikit meringankan biaya pendidikannya. Namun Rico masih memilih untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya, terlebih lagi statusnya sebagai anak kost pada saat itu. Namun berkat kegigihan dan doa dari kedua orangtuanya, Rico pun lulus sebagai salah satu mahasiswa terbaik dimasanya.

Awal inilah yang menjadi tonggak sejarah dari karir Rico. Diawali dengan bekerja sebagai asisten lapangan di salah satu perusahaan perkebunan ternama yang ada di Kalimantan Tengah, kini Rico berlahan tapi pasti telah meniti karirnya dengan baik sehingga bisa memiliki jabatan bagus diperusahaannya sekarang ini yaitu di PT. Nabire Baru.

Ia memutuskan untuk berkarir di PT. Nabire Baru karena memiliki visi dan misi yang sama dengan perusahaannya yaitu bisa bersama-sama membangun dan mengembangkan perusahaan dan membantu masyarakat setempatnya. Sebagai mahasiswa yang aktif dulunya di organisasi kemahasiswaan, naluri sosialnya pun masih kuat hingga saat ini, sehingga kegiatan sosial selalu diikutinya baik di perusahaan maupun di lingkungan tempat tinggalnya sekarang ini.

Banyak suka dan duka yang dilaluinya bekerja di PT. Nabire Baru ini. Duka yang dialaminya adalah harus rela tinggal jauh dengan kedua orangtuanya. Meski sempat mengalami duka, namun dirinya juga banyak mengalami suka bekerja di perusahaan ini. Kehangatan masyarakat lokalnya, membuat dirinya merasa memiliki keluarga baru selain keluarganya sendiri.

Ya, masyarakat Nabire menurutnya adalah masyarakat yang memiliki budaya yang masih terjaga dengan baik. Ramah dan suka senyum kepada orang lain membuatnya merasa betah dan bisa bangga berkumpul dengan mereka disini. Terlebih lagi ia sudah memutuskan untuk ingin membina rumah tangganya disini bersama calon istrinya dari masyarakat suku setempat.

Kini Rico adalah salah satu staf yang akan dipromosikan di perusahaanya untuk menduduki posisi yang strategis, karena keloyalitasan-nya bekerja yang membuatnya cepat meniti karirnya di perusahaan ini. Rico juga menuturkan bahwa ia bangga bisa berkarir di PT. Nabire Baru dan bisa bertemu dengan orang-orang yang dia cintai dan sayangi disini.

PT. Nabire Baru sendiri adalah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang memiliki areal lahan di Kabupaten Nabire Papua dengan luas lahan ± 17.000 Ha. Sebagai perusahaan perkebunan yang masih terbilang baru, tentu perusahaan ini memiliki visi dan misi yang baik, yaitu bisa menjadi salah satu perusahaan penghasil CPO terbesar nasional dan perusahaan yang bisa membantu masyarakat setempatnya dari sisi ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial budaya dan sebagainya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s