Monitoring Sekolah Oleh Yayasan Agro Lestari

Memajukan dunia pendidikan bisa dilakukan dengan berbagai cara dan bisa dilakukan oleh siapa saja, baik oleh pemerintah maupun pihak manapun yang tergarak hatinya untuk memajukannya. Terlebih lagi bagi berbagai perusahaan yang ada disekitar daerah tersebut. Salah satu untuk memajukan dunia pendidikan selain bantuan adalah dengan melakukan monitoring sekolah.

Monitoring sekolah merupakan kegiatan yang tidak hanya bertujuan untuk memantau atau memonitoring sekolah saja, namun kegiatan tersebut juga untuk menciptakan hubungan yang baik antara yayasan dengan guru, kepala sekolah maupun para siswa. Hal inilah yang dilakukan oleh PT. Nabire Baru melalui Yayasan Agro Lestari yang mereka kelola di sekitar lingkungan perusahaan.

Ada beberapa sekolah yang mereka bina di lingkungan perusahaan melalui beberapa bantuan seperti bantuan tenaga pengajar, bantuan fasilitas pendidikan maupun bantuan lainnya. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian PT. Nabire Baru di dunia pendidikan khususnya yang ada di Kabupaten Nabire Papua.

Selain itu, sebagai perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Kabupaten Nabire Papua, peran perusahaan dalam memajukan dunia pendidikan tidak hanya ditunjukkan dengan bentuk bantuan nyata saja, melainkan bentuk rasa kepedulian akan hubungan yang erat antara staf pengajar atau pihak sekolah dengan pihak perusahaan juga merupakan hal yang terus dijaga dan dibina.

Dengan begitu, tentu akan mempermudah perusahaan untuk mengetahui informasi mengenai sekolah, seperti mendapatkan informasi mengenai adanya suatu pemasalahan yang dihadapi oleh sekolah tersebut. Selanjutnya, dari monitoring sekolah yang dilakukan akan diketahui beberapa permasalahan, seperti permasalahan tingkat kehadiran guru dan kehadiran murid yang masih terbilang rendah.

Rendahnya tingkat kehadiran murid disebabkan oleh kurangnya dukungan dari lingkungan termasuk rendahnya kesadaran orang tua murid terhadap pendidikan anak-anak yang salah satunya disebabkan oleh factor kebudayaan dan lainnya. Untuk itulah peran perusahaan untuk mengatasi permasalahan tersebut melalui monitoring sekolah dapat diatasi dengan baik.

Selain adanya kegiatan monitoring sekolah, juga dilakukan rapat evaluasi studi. Rapat Evaluasi Hasil Studi dilakukan bagi siswa SD Inpres Sima oleh CSR Staff bersama Kepala Sekolah dan Guru Bantu setempat. Dari hasil rapat dibahas mengenai Penilaian Standar Kenaikan Kelas Siswa haruslah memiliki bobot mutu yang sudah sesuai dengan standart Pendidikan Nasional.

Selain itu, penilaian kenaikan kelas siswa juga harus berdasarkan kriteria kemampuan baca, tulis dan hitung serta tingkat kehadiran mereka. Selain monitoring sekolah, adanya dukungan dari PT. Nabire Baru terhadap kesuksesan ujian nasional dilakukan dengan memberikan bantuan berupa dukungan transportasi (Bahan Bakar Minyak) bagi SD Inpres Sima, disaat mereka melakukan Ujian Nasional Sekolah Dasar yang ada disekitar perusahaan.

Diharapkan dengan adanya monitoring sekolah secara berkala dan dukungan dari PT. Nabire Baru di dunia pendidikan di daerah tersebut melalui Yayasan Agro Lestari yang mereka kelolah, dapat menumbuhkan hubungan yang baik antara perusahaan dan pihak sekolah juga untuk memajukan dunia pendidikan yang ada disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s