Pelatihan Kerajinan Dari Pelepah Sawit

Sebagai perusahaan kelapa sawit yang banyak menghasilkan manfaat terutama bagi industri CPO, ada satu bidang lain yang ingin dikembangkan oleh PT. Nabire Baru, terutama untuk mengembangkan UKM masyarakat setempat. Pengembangan yang memanfaatkan pelepah sawit adalah sesuatu yang dimanfaatkan untuk menjadi kerajinan tangan yang dapat diolah menjadi kerajinan atau barang yang bermanfaat seperti  tepas, anyaman lidi sawit bahkan sampai menjadi pakan ternak.

Melalui pelatihan yang dilakukan oleh PT. Nabire Baru untuk masyarakat setempat tentu memiliki nilai ekonomis yang lumayan tinggi, selain itu bermanfaat juga untuk dapat mengembangkan bakat dan minat dibidang kerajinan bagi masyarakat setempat. Melimpahnya pelepah sawit yang ada di areal perkebunan kelapa sawit seperti di PT. Nabire Baru ini menjadi kondisi yang menguntungkan mereka untuk mengembangkan kerajinan yang  dapat diolah tersebut.

Namun untuk meningkatkan kualitas kerajinan tersebut, PT. Nabire Baru telah mengadakan pelatihan melalui mitra kerja pelatihan kerajinan bagi masyarakat setempat yang berminat untuk mengembangkan ide-ide kerajinan dari pelepah sawit ini. Ada berbagai materi yang dituangkan dalam pelatihan tersebut, sehingga kedepannya pengolahan pelepah sawit bisa dikembangkan lagi menjadi kerajinan yang memiliki nilai manfaat dan jual yang tinggi.

Inisiatif memanfaatkan limbah sawit sebenarnya sudah lama dilakukan oleh masyarakat Kampung Sima Distrik Yaur, Kabupaten Nabire Papua yang notabenenya merupakan masyarakat setempat yang tinggal tidak jauh di area PT. Nabire Baru di Kabupaten Nabire Papua ini. Seiring waktu, kebiasaan tersebut terlupakan bahkan tidak dipahami sama sekali oleh mereka.

Namun, dengan adanya bantuan PT. Nabire Baru melalui pelatihan ini, masyarakat setempat tersebut dilatih kembali cara membuat kerajinan yang memanfaatkan pelepah sawit seperti pembuatan tepas, pembuatan anyaman lidi, membuat pakan ternak dan lain sebagainya.

Pembina Program Mitra kerja Kerajinan yang mewakili PT. Nabire Baru, Yenny Marisa mengatakan bahwa pelatihan kerajinan ini telah memiliki kelompok kerja yang hasil-hasil kerajinan ini nantinya bisa dijual dan tentu menghasilkan nilai ekonomi yang lumayan tinggi. Kedepannya kampung Sima Distrik yaur ini dapat dijadikan daerah penghasil kerajinan berbahan baku limbah sawit yang memiliki banyak manfaatnya.

Secara terpisah, masyarakat setempat mengungkapkan bahwa adanya pelatihan ini sangat bermanfaat sekali terutama bagi ibu-ibu disini yang belum memiliki pekerjaan tetapnya. Disela-sela waktu mereka bisa mengembangkan kerajinan ini dan dapat menjualnya keberbagai pihak yang membutuhkannya. Lanjutnya, sebelum adanya pelatihan ini, masih banyak masyarakat disini yang belum memahami dan belum memiliki bakat membuat kerajinan dari pelepah sawit tersebut.

Lanjutnya, dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat dilakukan pelatihan secara berkala terus menerus sehingga olahan kerajinan kelapa sawit di kampung Sima dapat dikenal oleh masyarakat Indonesia dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta manfaat yang tinggi juga tentunya. Ia juga tidak lupa mengucapkan rasa terimakasihnya kepada PT. Nabire Baru yang telah peduli terhadap  ekonomi masyarakt disini melalui berbagai pelatihan yang diberikan perusahaan seperti pelatihan kerajinan dari pelepah sawit di Kampung Sima Distrik Yaur Kabupaten Nabire Papua ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s