Sumbangsih Untuk Kelapa Sawit Nasional

Kelapa sawit menjadi salah satu komoditas andalan yang jadi tulang punggung perekonomian nasional. Ini  karena, kelapa sawit adalah bahan baku untuk CPO atau Crude Palm Oil (Minyak Sawit Mentah). Yang selanjutnya diproses menjadi puluhan produk turunan lainnya, beberapa menjadi bahan kebutuhan pokok sehari-hari seperti contohnya, sabun mandi, minyak goreng, serta kosmetik dan obat-obatan.

Tak pelak, pemerintah terus mendorong tumbuhnya industri perkelapa sawitan nasional. Salah satu wujud nyata untuk ini adalah dengan melakukan perluasan serta pembukaan lahan secara berkelanjutan dan konsisten, bahkan melibatkan banyak industi, termasuk perusahaan perkerasan jalan. Pembukaan lahan ini dijalankan di berbagai pulaerkait, itu yang tentunya sudah melalui berbagai tahapan penelitian termasuk AMDAL (Analisis Manajemen Dampak Lingkungan).

Pembukaan perkebunan sawit baru ini, dilakukan di luar dua pulau utama yang sejak jaman kolonial telah menjadi pusat pengembangan kelapa sawit di nusantara. Tercatat 70% lahan sawit Indonesia ada di pulau Sumatra, serta 30 % tersebar di wilayah pulau Kalimantan. Tetapi dari kehari, seiring meningkatnya permintaan CPO dunia, pemerintah merasa, masih perlu untuk membuka lahan sawit baru.

Beberapa wilayah yang dalam kurun beberapa tahun belakangan sedang giat digalakkan pembukaan lahan sawit diantaranya ada di Pulau Sulawesi, hingga Papua. Salah satu pengembangan di pulau Papua ada di Kabupaten Nabire dibawah PT Nabire Baru, sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang telah berpengalaman di bidang pengelolaan sawit Nasional. Tercatat hingga hari ini PT Nabire Baru tengah mengusahakan pembukaan lahan hingga seluas 17.000 hektar, semua untuk mendukung kemajuan industri kelapa sawit Nasional.

PT Nabire Baru, Varietas Unggulan Dengan Kemauan Untuk Konservasi Lingkungan Yang Tinggi

Di Indonesia, kelapa sawit adalah bagian dari tulang punggung perekonomian. Budidaya tanaman bangsa palem-paleman denga buah berbentuk Tandan ini telah sejak lama dikenal oleh masyarakat kita. Sehingga tak heran bila skala pengembangannya terus berlangsung secara berkesinambungan dari tahun ketahun. Keterlibatan masyarakat terhadap perkebunan kelapa sawit, di dua pulau penghasil kelapa sawit terbesar juga sangat tinggi. Sistem petani plasma, atau binaan dari sebuah perusahaan pengembang perkebunan sawit adalah salah satu sistem yang paling populer.

Tak pelak, saat ini Indonesia menduduki rangking teratas sebagai penghasil CPO terbesar di dunia. Angka yang cukup tinggi pada kisaran 33 juta metrik ton menjadi sebuah tolak ukur yang mampu mengeser posisi Malaysia sebagai pemimpin di industri perkelapa sawitan dunia di masa yang lampau. Jumlah devisa yang dihasilkan dari industri ini juga cukup tinggi. Tetapi, untuk mendukung pertumbuhan industri pengolahan CPO, pemerintah memberlakukan sistem pajak ekspor CPO otomatis, yaitu pada kisaran 0-22,5%.

Pemberlakuan pajak semacam ini dimaksudkan untuk mengimbangi permintaan ekspor CPO global. Dimana bila kondisi harga CPO dibawah 750 USD pemerintah akan secara otomatis memberlakukan pajak ekspor CPO sebesar 0%. Banyaknya kemudahan inilah yang menjadikan semakin tumbuh suburnya perusahaan perkebunan kelapa sawit di Indonesia.

Termasuk juga PT Nabire Baru yang berlokasi di Nabire, Papua. Pembukaan lahan kelapa sawit seluas 17.000 yang ditanami dengan bibit kelapa sawit unggulan adalah salah satu jalan untuk menjaga kestabilan industri CPO dalam negeri. Ditambah dari segi varietas, PT Nabire Baru juga menanam kelapa sawit yang disesuaikan dengan iklim Papua yang jelas sangat berbeda dengan di wilayah Indonesia Barat yaitu wilayah Sumatra dan Kalimantan. Ini semata-mata sebagai wujud kecintaan serta dedikasi untuk memberikan yang terbaik bagi Industri kelapa sawit dalam negeri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s