Pelatihan KSM Bagi Kelompok Perempuan

Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bagi Kelompok Perempuan

KSM Nabire BaruPT. Nabire Baru bekerja sama dengan Bina Swadaya Konsultan (Trubus Group) baru-baru ini  melakukan Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di ruang pelatihan PT. Nabire Baru. Kegiatan diikuti 60 orang dari 4 kelompok perempuan yang berasal dari koperasi plasma yaitu : KSM Hauma, KSM JOH, KSM Bahari, dan KSM Suku Akaba berjalan dengan baik.

Adapun tujuan dari Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan menambah pengalaman bagi kelompok perempuan khususnya anggota dari koperasi plasma yang ada di Kabupaten Nabire Papua dalam mengelolah dan menjalankan usaha-usahanya.

Kelompok Swadaya Masyarakat(KSM) merupakan suatu kumpulan orang-orang yang menyatukan diri dalam usaha-usaha dibidang sosial, ekonomi atau politik yang tumbuh dan berkembang dari, oleh dan untuk anggota dengan tujuan meningkatkan taraf hidup anggota serta masyarakat sekelilingnya.

Kelompok perempuan dipilih karena pada umumnya kaum perempuanlah yang mengelolah koperasi plasma dilingkungan tempat tinggal mereka yang ada di sekitar perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Nabire Baru di Kabupaten Nabire Papua ini.  Selain itu kelompok perempuan merupakan bagian yang sangat penting bagi perkoperasian yang ada dilingkungan perusahaan yang bisa menjalankan usaha-usaha perkoperasian dengan baik tanpa adanya kegiatan lain yang dapat mengganggu aktifitas usaha yang mereka jalani sehari-harinya.

Pelatihan dan Pendampingan Koperasi

Selain adanya Pelatihan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM), adanya pendampingan koperasi oleh koperasi Bina Swadaya konsulan (Trubus Group) juga terus dilakukan. Hal tersebut bertujuan untuk menyiapkan pengurus dan anggota koperasi agar mampu menerapkan prinsip-prinsip perkoperasian, serta diharapkan mampu mengerti dan memahami dan juga mempraktekannya.

Tugas dan pengurus koperasi tersebut nantinya adalah menjalankan berbagai administrasi seperti administrasi keuangan dan non keuangan. Adapun skema pengembangan koperasi plasma yang sudah pernah dilakukan yaitu adanya pelatihan dasar-dasar manajemen koperasi (2012), pelatihan peningkatan kapasitas pengurus koperasi (2013), pendampingan manajemen bagi pengurus (2014), pendampingan lanjutan bagi pengurus koperasi plasma yang dilaksanakan selama 6 bulan lamanya (2015), serta pelatihan kelompok swadaya masyaraat (2017) yang baru-baru ini dilakukan.

Dengan adanya pelatihan dan pendampingan diatas, maka diharapkan pengembangan koperasi di Kabuaten Nabire dapat berjalan dengan baik. Serta pengurus dan anggota dapat menjalankannya dengan baik tanpa adanya penyelewengan anggaran atau kesalahan dari pendataan administrasi keungan maupun kesalahan dari pendataan administrasi lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa pelatihan kelompok swadaya masyarakat dan pelatihan pendampingan koperasi ini dilakukan oleh PT. Nabire Baru dan Bina Swadaya konsultan (Trubus Group) serta diikuti oleh berbagai kelompok koperasi plasma dan koperasi masyarakat setempat. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini terus dilakukan tiap tahunnya guna kemajuan perkoperasian yang ada di sekiar perusahaan khususnya dan di Kabupaten Nabire Papua ini umunya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s