Program Beasiswa Untuk Siswa Berprestasi

Pendidikan di Papua

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang sangat penting untuk dijalani oleh siapapun. Dengan adanya pendidikan maka akan terbentuk karakter dan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun pada kenyataannya, masih terdapat berbagai persoalan yang ada di dunia pendidikan pada saat sekarang ini. Mulai dari kurangnya tenaga pengajar, fasilitas yang kurang memadai, sampai kesulitan pembiayaan yang dialami oleh banyak orang sudah lama menjadi wacana yang mewarnai dunia pendidikan.

Sebagai komitmen untuk memajukan dunia pendidikan khususnya di kabupaten Nabire-Papua, PT. Nabire Baru melalui Yayasan Agro Harapan Lestari secara rutin setiap tahunnya memberikan bantuan beasiswa kepada siswa/i berprestasi bagi anak karyawan dan masyarakat setempat melalui Dinas Pendidikan setempat. Bentuk pemberian bantuan tersebut merupakan komitmen dari PT. Nabire Baru untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan khususnya yang ada di kabupaten Nabire Papua.

Adapun bantuan tersebut ditujukan mulai dari tingkatan SD sampai dengan Perguruan Tinggi sehingga mereka dapat terbantu dalam menjalani pendidikannya.  Bantuan tersebut diserahkan secara simbolik melalui Dinas Pendidikan setempat dan diwakili oleh tiap-tiap Kepala Sekolah atau guru dimasing-masing sekolah. Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut, dapat memotivasi anak-anak Nabire dalam menjalani aktivitas belajarnya sehingga mereka akan terus fokus untuk belajar dan mengejar cita-citanya.

Penyerahan Beasiswa Tahap IV bagi 63 akan berprestasi yang berasal dari SD Inpres Sima, SD Inpres Wami, SD YPK Silo Wanggar Pantai serta SMP Negeri 1 Yaur.

Selain itu PT. Nabire Baru juga melakukan pendampingan sekolah sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan dikawasan sekitar tersebut. Tujuannya adalah agar semua guru dan kepala sekolah memahami dan mampu menjalankan perannya secara masksimal. Pelatihan penguatan potensi guru dan kepala sekolah juga perlu dilakukan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan penyegaran dan pengetahuan bagi guru-guru sekitar perusahaan dan memberikan motivasi kepada mereka untuk meningkatkan aktivitas belajar mengajar disekolah.

Kegiatan One Day Training, Pelatihan Penguatan Potensi Guru dan Kepala Sekolah.

Itulah rangkaian kegiatan yang juga dilakukan oleh Yayasan Agro Harapan Lestari terhadap kemajuan dunia pendidikan disana. Tidak hanya memberikan bantuan berupa beasiswa saja , melainkan juga membantu mereka dalam hal kegiatan lainnya yang dapat mendorong kelancaran dari proses belajar mengajar di sana.

Harapan akhirnya semoga kedepannya ada perhatian dari banyak pihak, seperti pemerintah ataupun pihak swasta lainnya terhadap berbagai masalah pada dunia pendidikan di Indonesia khususnya di daerah-daerah terpencil seperti halnya di kabupaten Nabire Papua ini tersebut.

Advertisements