Produksi CPO Berkualitas Tinggi

Kelapa Sawit Indonesia

PT Nabire Baru Memberikan Produksi CPO Berkualitas Tinggi

Sejak pertengahan 2016 lalu, produksi CPO Indonesia terus mengalami peningkatan. Beberapa sumber bahkan menyebutkan bahwa Industri kunci dalam salah satu perekonomian Indonesia ini mengalami perkembangan yang sangat membanggakan dengan mengalahkan posisi Malaysia, sebagai tuan rumah hasil produk kelapa sawit dunia. Ini tentu adalah sebuah kabar yang sangat mengembirakan bagi sektor perkebunan sawit Indonesia, sekaligus juga adalah beban untuk terus menyandang gelar tersebut.

Tercatat, saat ini, sudah hampir 33 juta ton metrik CPO atau Crude Palm Oil mentah yang disuplai oleh industri perkelapa sawitan nasional. Ini dihasilkan dari sebaran perkebunan sawit yang utama ada di daerah sumatera dan kalimantan. Dua tempat ini telah menjadi tulang punggung sawit Nusantara sejak masa kolonial, yang tentunya juga telah menjadi salah satu penghasil sawit mentah, dimana hasilnya diekspor ke berbagai penjuru dunia.

Perkembangan Mengembirakan Industri Kelapa Sawit Nasional, Sebuah Beban Menghasilkan CPO Berkualitas Tinggi

Dunia terus berkembang, peningkatkan kebutuhan berbagai bentuk komoditas untuk mensuplai keperluan masyarakat global juga tentu tak mudah. Termasuk juga bagi sektor perkelapa sawitan, yang notabene menghasilkan CPO mentah. Dimana diketahui bersama CPO mentah ini adalah bahan baku untuk beraneka ragam jenis produk.

Budidaya kelapa sawit, dalam 15 tahun belakangan yang menjadi salah satu tulang punggung sektor perekonomian dalam negeri. Kondisi ini, dibuktikan dengan hanya beberapa sektor saja yang tercatat mampu mengimbangi pertumbuhan industri perkebunan kelapa sawit. Tetapi, belakangan, fluktuasi harga sawit mentah serta produk hasil olahan kelapa sawit mentah (CPO) berimbas pada hilangnya pemasukan pemerintah dari segi pajak yang didapat dari ekspor kelapa sawit.

Hal ini adalah salah satu hal mendasar yang menjadi resiko terbesar dari kebijakan pemerintah yang menggunakan mekanisme pajak otomatis. Bentuk perpajakan ekspor minyak kelapa sawit mentah pemerintah menggunakan mekanisme yang terkait langsung dengan mekanisme ekspor. Dalam hal ini, pemerintah menggunakan target 750$ untuk menerapkan sasaran pajak ekspor 0-22,5%. Bila harga CPO dunia berada dibawah 750$ maka pemerintah akan memangkas nilai pajak hingga 0%.

Kondisi ini terjadi sejak beberapa tahun silam hingga hari ini. Maka untuk meningkatkan nilai ekspor salah satu cara yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan kualitas CPO yang dihasilkan. Tentunya ini akan berdampak pada berbagai bidang perkelapa sawitan.

PT Nabire Baru, sebagai salah satu perusahaan perkelapa sawitan di Indonesia. Yang merupakan salah satu industri perkelapa sawitan di Indonesia menjadikan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas kelapa sawit yang dihasilkannya. Berbagai cara dijalankan untuk meningkatkan kualitas CPO, salah satunya dengan melakukan penanaman bibit sawit berkualitas serta perluasan lahan yang baru.

Tercatat kurang lebih 17.000 hektar lahan dibuka di kawasan perusahaan yang menjadi areal kerjanya. Tak kurang dari itu juga, penanaman bibit sawit berkualitas yang menjadi andalan dari perkebunan PT Nabire Baru juga dijalankan. ini tentu menjadi sebuah tolak ukur untuk meningkatkan kemampuan produksi perusahaan.

Tak hanya melakukan penanaman serta pengembangan kualitas bibit. PT Nabire Baru juga melakukan berbagai tindakan untuk menjamin keberlangsungan keseluruhan aspek usaha yang ada. Termasuk juga hal-hal yang menjadi patokan ekologis.

Salah satu yang jelas dijalankan oleh PT Nabire Baru adalah dengan mencanangkan sebuah kondisi konservasi bagi beragam varietas yang termasuk dalam keanekaragaman hayati. Ini terbukti dengan dicanangkannya pelestarian beragam jenis fauna endemik seperti burung kasuari dan cendrawasih yang ada di kawasan perusahaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s